Sabtu, 22 September 2012

BIOLOGI DASAR DALAM KEBIDANAN


 UNIT 1

BAB 1

:matabelo

BIOLOGI DASAR DALAM KEBIDANAN

Biologi atau ilmu hayat adalah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah “biologi” dipinjam dari bahasa Belanda, “biologie” juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani yaitu; bios (hidup) dan logos (ilmu). Istilah ilmu hayat dipinjam dari bahasa arab yang berarti “ilmu kehidupan”. Obyek kajian biologi saat ini mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya.

Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles, ilmuwan berkebangsaan Yunani. Dalam terminologi Aristoteles, “filosofi alam” adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakup bidang yang kini disebut sebagai fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya. Istilah biologi dalam pengertian modere diperkenalkan oleh Gottfried Reinhold Treviranus tahun 1802, namun sebenarnya istilah biologi telah dipakai pada tahun 1800 oleh Karl friedrich Burdach. Bahkan sebelumnya istilah itu juga telah muncul dalam judul buku Michael Christoph Hanoy terbitan tahun 1766 yaitu; Philosophiae, Naturalis Sive Physicae Dogmaticae; Geologia, Biologia, Phytologia Generais et Dendrologia.
Pada masa sekarang, biologi mencakup bidang akademik yang sangat luas, bersentuhan dengan bidang-bidang sains yang lain, dan sering kali dipandang sebagai ilmu yang mandiri. Percabangan biologi selalu mengikuti tiga dimensi yang saling tegak lurus yaitu; keanekaragaman yang didasarkan pada kelompok organisme, organisasi kehidupan dan interaksi (hubungan antar unit kehidupan).
CIRI MAKHLUK HIDUP

Sebelum memahami hirarki dalam ilmu biologi dan setelah memahami cabang-cabang ilmu biologi, pada sub bab ini menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup. Ada tiga ciri utama makhluk hidup yaitu : 1) Bereproduksi, 2) Tanggap terhadap rangsangan dan 3) ada aktivitas metabolisme.
  1. Bereproduksi
Keberadaan kita sekarang ini berasal dari siklus yang dimulai dari jutaan tahun yang lalu. Bereproduksi mengakibatkan kehidupan makhluk hidup bisa berlanjut. Reproduksi melibatkan pewarisan. Kata pewarisan ini mengandung arti orang tua kita mentrasmit instruksi (kode genetik) yang ada pada DNA (dioksiribo nukleat acid), untuk menduplikasi sifat yang diturunkan (trait). Bereproduksi bisa diartikan upaya untuk pewarisan/keturunan. Upaya melanjutkan keturunan ini melalui suatu proses perkawinan.
  1. Tanggap terhadap rangsangan
Organisme memiliki sifat tanggap dan berespon terhadap perubahan lingkungan. Respon tersebut membantu menjaga kondisi organisme tetap pada kondisi yang disukai di dalam sel atau badan multiseluler.
  1. Metabolisme
Makhluk hidup atau hidup dicirikan dengan adanya aktivitas metabolisme. Definisi metabolisme adalah kapasitas sel untuk ; 1) mendapatkan dan mengubah energi dari sekelilingnya, 2) menggunakan energi untuk memelihara, tumbuh dan bereproduksi. Secara sederhana metabolisme diartikan transfer energi dalam sel.
HUBUNGAN ILMU BIOLOGI DAN ILMU KEBIDANAN

Sesuatu dikatakan suatu ilmu manakala memiliki krakteristik dan spesifikasi baik obyek forma maupun obyek materia. Obyek forma berkaitan dengan cara pandang yang terfokus pada obyek penelaahan dalam batas dan ruang lingkup tertentu, sedangkan obyek materia adalah substansi dari obyek penelaahan dalam lingkup tertentu. Obyek forma maupun obyek materia pada ilmu Biologi jelas dan telah tergambar pada penjelasan sub bab di atas. Body of knowledge dan Body of theorydari ilmu Biologi sangat jelas, bagaimana dengan ilmu kebidanan dan dimana letak keterkaitannya, sehingga mahasiswa kebidanan perlu mempelajari Biologi Dasar dan Biologi Perkembangan ?
Obyek forma dari disiplin ilmu kebidanan adalah mempertahankan status kesehatan reproduksi termasuk kesejahteraan wanita sejak lahir sampai masa tuanya. Obyek materia disiplin keilmuan kebidanan adalah janin, bayi baru lahir, balita, siklus wanita secara utuh yang terfokus pada kesehatan reproduksi. Body of Midwifery Knowledge disusun meliputi ilmu dasar, ilmu sosial, ilmu terapan dan ilmu kebidanan. Keterkaitan dengan ilmu biologi terletak pada ilmu dasar sebagai obyek materia dari ilmu kebidanan yang meliputi; ilmu anatomi, fisiologi, mikrobiologi dan parasitologi, psikologi, fisika dan biokimia. Materi mata kuliah biologi dasar dan biologi perkembangan meliputi disiplin ilmu anatomi, fisiologi, mikrobiologi, fisika dan biokimia.
Kebidanan adalah satu bidang ilmu yang mempelajari keilmuan dan seni yang mempersiapkan kehamilan, menolong persalinan, nifas dan menyusui, masa interval dan pengaturan kesuburan, klimakterium dan menopause, bayi baru lahir dan balita, fungsi-fungsi reproduksi manusia serta memberikan bantuan/dukungan pada pefrempuan, keluarga dan komunitasnya.
Pelayanan kebidanan adalah bagian integral dari sistem pelayanan kesehatan yang diberikan oleh bidan yang telah terdaftar (teregister) yang dapat dilakukan secara mandiri, kolaborasi atau rujukan.
Praktik kebidanan adalah implementasi dari ilmu kebidanan yang dilakukan leh bidan yang bersifat mandiri, kepada perempuan, keluarga dan komunitasnya, didasari oleh etika dan kode etik bidan.
Bidan perlu mengetahui peraturan dan pedoman yang mendefinisikan peran, menggambarkan ingkup praktik, dan menentukan standar kompetensi mereka. Bidan dalam melaksanakan peran, fungsi dan tugasnya didasarkan pada kemampuan dan kewenangan yang diberikan. Kewenangan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar